Saat ini adalah zaman dimana manusia sudah sangat ketinggalan dengan canggihnya teknologi digital, yang sering kita di dengar dengan era 4.O (era digital), era dimana semua serba instan dan semua kebutuhan kita dapat kita cari dengan cepat, bayangkan saja jika dulu orang harus pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan pokok, namun sekarang sudah tidak perlu bersusah payah untuk pergi ke pasar mencari barang yang kita butuhkan. Hanya dengan memainkan jempol dan mencari barang di online market maka kita sudah bisa membeli kebutuhan kita dan menunggu barang sampai di rumah. Ketika kita melihat Ojek pun sekarang sudah menggunakan ojek Online (Gojek), sudah banyak sekali orang yang beralih ke bisnis-bisnis online yang hasilnya sangat menggiurkan, dan masa dimana kitapun melihat dari anak-anak sampai lanjut usia sekarang sudah menggunakan Handpone.
Dengan melihat fenomena yang begitu cepat ini menuntut kita untuk bisa melek dengan kemajuan zaman, ketika banyak bisnis sudah beralih ke online dan kita bisa memulai sebuah bisnis dengan tidak perlu bersusah payah mencari modal membuka toko, namun sekarang hanya dengan berjualan di online tanpa perlu mengeluarkan modal yang banyak kita sudah mendapatkan keuntungan dan masa pembeli yang banyak. Ketika sudah banyak sekali orang yang menggunakan media sosial, maka kitapun juga harus mempelajari dunia marketing, bagaimana caranya berbisnis atau beriklan di media sosial agar banyak orang yang mengenal lembaga kita baik itu usaha kita atau lembaga jasa seperti pendidikan.
Ini menjadi hal yang cukup menarik untuk kita jadikan referensi bagaimana kita mulai dengan memanfaatkan era digital dan media sosial yang kita gunakan.
Dan Coach materi pelatihan digital marketing mengatakan bahwa, Ketika kita ingin memulai sebuah bisnis atau memasang sebuah iklan di media sosial kita, ada beberapa point yang harus kita perhatikan yaitu :
1. Kita harus memahami siapa kita ? Dan kita dapat menjawabnya dengan menggunakan konsep diri yaitu Aku diri, aku sosial (lingkungan) dan aku Ideal (Impian atau cita-cita kita). karena ketika kita ingin memulai sebuah usaha maka kita harus memahami diri kita terlebih dahulu, baru kita bisa menentukan apa yang menjadi passion dari usaha atau lembaga jasa yang akan kita buat. Sehingga kita bisa menentukan apa produknya dan apa yang bisa kita jual ke orang lain.
2. Mencari target atau siapa yang menjadi sasaran dari iklan usaha atau lembaga jasa yang kita buat, mulai dari anak-anak kah, remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga kah, atau tokoh pemerintahan. Itu menjadi subjek dari sasaran marketing kita dan itu menjad hal yang sangat penting bagi goal seting pembuatan iklan usaha atau lembaga jasa kita.
3. Harus memulai belajar hal baru, misalnya kita ingin membuat iklan memasang iklan di media sosial, maka maka kita harus belajar dan memahami bagaimana strategi marketing kita.
4. Harus jeli mengamati hal yang baru. Kita mulai melihat peluang-peluang besar yang untuk meningkatkan pemasaran iklan yang telah kita buat, dengan mempelajari bagaimana orang lain bisa sukses dalam menjalankan bisnis nya melalui iklan yang ia pasang di media sosial.
5. Haramkan diri untuk mengalami Distraction/Followers. Jangan mau menjadi followers dengan hanya mengikuti orang lain. Kita harus bisa memulai hal baru dengan passion kita sendiri sesuai dengan keinginan diri kita.
6. Konsisten. Terakhir, kita harus konsisten, jangan mudah menyerah dengan keadaan yang ada. Terus kita lakukan dengan konsisten ketika kita telah memulai untuk menjadi digital marketing.
Lalu pemateri pada saat itu menyarankan untuk mencoba memasang iklan usaha atau lembaga jasa kita menggunakan Facebook ADS.. lalu Kenapa harus menggunakan Facebook ADS?
Dan pemateri pada saat itu memberikan sebuah data bahwa :
1. Fakta membuktikan Facebook menjadi 3 terbesar media sosial yang paling sering di gunakan oleh manusia setelah Youtube dan Whatsapp.
2. Pengguna aktif media sosial facebook mencapai 1.660.000.000
3. terdapat 35 juta status baru setiap harinya dan 80% pengguna menggunakan Smartphone.
4. Data pengguna tahun 2019 tercatat bahwa, Pengguna aktif media sosial : Youtube mencapai 88%, Whatsapp 83%, Facebook 81%, Dan Instagram 80% dan banyak media sosial lainnya. Mengejutkan juga ternyata terdapat 136 juta penduduk indonesia Terbanyak ke empat pengguna media sosial.
5. 94% busines market menggunakan Facebook ADS untuk mempromosikan iklan usaha atau produk maupun lembaga jasa yang mereka buat.
Di facebook ADS, flatporm iklan itu bertugas sebagai sales iklan, ia menyebarkan konten-konten iklan kita di timeline para user pengguna Facebook dan juga kelebihan dari Facebook ADS dibanding sosmed lainnya adalah jumlah pengguna Facebook terus meningkat, sistem penargetannya detail, cepat dan efektif, Biaya Iklan lebih murah, dan biaya iklan bisa kita atur sesuai budget yang kita punya..
Sekarang mulailah untuk belajar dan mencari tahu hal tentang dunia digital marketing, dengan teknologi yang semakin canggih mengharuskan kita untuk terus belajar agar kita mampu meraih sebuah kesuksesan dalam suatu hal. So apakah kini kita mau merambah ke dunia digital marketing ?? Dan apakah kita akan memanfaatkan Facebook ADS sebagai pilihan marketing kita? Pilihan ada di kalian. Semoga bermanfaat :)
Oleh : Nur Amalia
======================================================================================
DIGITAL MARKETING, INSTAGRAM AND FACEBOOK ADS
Today is an era where humans are very behind with the sophistication of digital technology, which we often hear with the 4.O era (digital era), an era where everything is instantaneous and all our needs can be searched quickly, just imagine if people used to have to go to the market to buy basic necessities, but now there is no need to bother to go to the market looking for the goods we need. Only by playing the thumb and looking for goods in the online market, we can buy our needs and wait for the goods to arrive at home. When we look at Ojeks, now they use Ojeks Online (Gojek), many people have turned to online businesses, the results are very lucrative, and the time when we too see from children to the elderly are now using CellPone.
Seeing this phenomenon that is so fast requires us to be literate with the progress of the times, when many businesses have switched to online and we can start a business with no need to bother looking for capital to open a shop, but now only by selling online without having to spend capital we have benefited a lot and are a lot of buyers. When so many people use social media, we also have to learn the world of marketing, how to do business or advertise on social media so that many people know our institution whether it's our business or service institutions such as education.
This is an interesting thing for us to make reference to how we begin by utilizing the digital era and social media that we use.
And Coach digital marketing training materials say that, When we want to start a business or put an ad on our social media, there are a few points we should pay attention to, namely:
1. We have to understand who we are? And we can answer it by using the concept of self, namely myself, I am social (environment) and I am Ideal (our dreams or ideals). because when we want to start a business then we must understand ourselves first, then we can determine what is the passion of the business or service institution that we will create. So that we can determine what the product is and what we can sell to others.
2. Look for the target or who is the target of the advertising business or service institution that we make, ranging from children, teens, students, housewives, or government leaders. It becomes the subject of our marketing goals and it becomes very important for the goal setting of making our business or service advertisement.
3. We have to start learning new things, for example we want to make an advertisement on social media, so we have to learn and understand how our marketing strategy is.
4. Must be keen to observe new things. We begin to see great opportunities to improve the advertising marketing that we have made, by learning how other people can succeed in running their business through advertisements that they put on social media.
5. Immerse yourself to experience Distraction / Followers. Don't want to be followers by just following others. We must be able to start new things with our own passion in accordance with our own desires.
6. Consistent. Finally, we must be consistent, don't give up easily with the existing circumstances. We continue to do it consistently when we have started to become digital marketing.
Then the speaker at that time suggested to try to advertise our business or service institution using Facebook ADS ... then why should you use Facebook ADS?
And the speaker at that time gave a data that:
1. Facts prove Facebook to be the 3rd biggest social media most often used by humans after Youtube and Whatsapp.
2. Active users of Facebook social media reach 1,660,000,000
3. there are 35 million new statuses every day and 80% of users use smartphones.
4. 2019 user data recorded that, active users of social media: Youtube reached 88%, Whatsapp 83%, Facebook 81%, and Instagram 80% and many other social media. Surprisingly it turned out that there were 136 million people in Indonesia.
5. 94% of business markets use Facebook ADS to promote the advertisements of businesses or products and service institutions that they create.
On Facebook ADS, the ad flatporm served as ad sales, it spreads our ad content in the timeline of Facebook users and also the advantages of Facebook ADS compared to other social media is the number of Facebook users continues to increase, the targeting system is detailed, fast and effective, cost Advertising is cheaper, and advertising costs can be adjusted according to the budget we have.
Now start to learn and find out things about the world of digital marketing, with increasingly sophisticated technology requires us to continue to learn so that we are able to achieve a success in something. So do we now want to explore the world of digital marketing ?? And are we going to use Facebook ADS as our marketing choice? The choice is yours. May be useful :)
By : Nur Amalia
πππ
BalasHapusMantullll
BalasHapusWe are in 4.0 era
BalasHapusGood
BalasHapusTerimakasih.. alhamdulillah tambah lg wawasan baru tentang era digital. Mantap artikel robbani ��
BalasHapusTerimakasih. Artikel yang bermanfaat
BalasHapusBermanfaat sekali
BalasHapusThanks
BalasHapusπππ
BalasHapus